Proses Infeksi Penyakit

Diposkan oleh Mega Putri on Sabtu, 29 Desember 2012

Bisa masuk melalui:
1.       Luka : misalnya angin, panas, mekanis (manusia, serangga→parasit luka/ parasit lemah). Pembersihan gulma pada tanaman dapat menyebabkan luka karena alat pertanian. Dari luka akan keluar cairan. Apabila ada spora, miselium maupun propagul pasti akan berkecambah kea rah luka karena ada rangsangan dari cairan sel→masuk ke luka→membentuk historium→menginfeksi cairan sel→makanan dari pathogen. Contoh lain adalah penyakit dapat masuk melalui luka alami. Saat pembentukan akar lateral maupun akar serabut akan terjadi luka.
2.       Lubang Alami : misalnya stomata, lentisel, hydatoda, kelenjar madu. Stomata yang terletak di bawah daun tidak memungkinkan pathogen untuk menempel  di daerah tersebut, kecuali saat musim hujan dengan dibantu percikan dan akan mencari stomata terdekat. 

  Lentisel  terletak pada batang/ cabang yang posisinya tetap membuka.  
   Kelenjar madu , hanya pada musim hujan. Jika pathogen masuk pada kelenjar madu saat musim kemarau→ kadar gula tinggi, pathogen mati.  
      Hydatoda, tergantung faktor lingkungan.

Notes :
Nematoda bisa masuk penyakit karena ada interaksi dengan tanaman.
Jamur dan bakteri butuh luka yang besar dan cairan sel keluar.
Virus butuh luka ringan dan cairan tak keluar

3.       Langsung: ujung dari bulu pathogen yang berkecambah membesar membentuk apresorium→ menekan tabung penetrasi secara mekanis dan masuk ke kutikula→ mengumpulkan kekuatan untuk memasukkan tabung penetrasi.  Pathogen yang biasanya menginfeksi secara langsung juga bisa menyerang melalui luka, namun tidak bisa melalui lubang alami.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

request mbak..

jamur

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar. Kami menerima saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan blog ini. Terima kasih