Potensial Air Jaringan Tumbuhan

Posted by Mega Dewana on Thursday, August 15, 2013

Potensial  air adalah jumlah air yang terkandung dalam suatu sel atau jaringan tumbuhan. Suatu sel atau jaringan dikatakan memiliki potensial air tinggi jika memiliki kadar air tinggi. Untuk mengetahui arah dan pergerakan air di dalam jaringan tumbuhan, harus diketahui terlebih dahulu potensial-potensial air pada tiap sel.  Air akan bergerak dari tempat berpotensial tinggi ke tempat berpotensial lebih rendah hingga terjadi keseimbangan diantara keduanya. Sel yang mendapatkan tambahan air akan naik turgiditasnya, dan tekanan turgornya menjadi besar pula. Dengan demikian, maka potensial air dalam sel juga akan naik. Jika tanaman mengalami kehilangan air cukup tinggi, maka potensial sel dan jaringan akan turun dan memungkinkan tumbuhan mengalami defisit air.
Adanya perbedaan potensial air mengakibatkan terjadinya transport cairan sekaligus transport materi terlarut. Hal ini penting dalam proses penyerapan unsur hara terlarut sebagai bahan utama pembentukan energi di dalam tubuh tumbuhan. Selain itu perbedaan potensial juga berguna dalam proses penyebaran zat-zat hasil fotosintesis dan metabolisme ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
Tumbuhan melakukan beberapa adaptasi berkaitan dengan perubahan potensial air. Ketika udara terik dan transpirasi tinggi, tumbuhan akan beradaptasi dengan menutup stomata. Sedangkan ketika kondisi basah (jenuh air) sehingga potensial tinggi, tumbuhan akan beradaptasi dengan membuka stomata dan juga melakukan gutasi.


Dari berbagai sumber

{ 1 comments... read them below or add one }

Anonymous said...

maaf, mau bertanya. ada buku yang menyebutkan potensial air bernilai 0 dan negatif. maksud dari kalimat tersebut apa ya?
selain itu, mengapa potensial osmotik dapat digunakan menentukan potensial air?
terimakasih.

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. Kami menerima saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan blog ini. Terima kasih