RIBOSOM DAN APARATUS GOLGI

Diposkan oleh Mega Putri on Sabtu, 29 Desember 2012

Ribosom banyak dijumpai dalam sel, ada yang melekat pada membrane retikulum endoplasma, ada yang melekat pada permukaan luar membran inti sel, dan ada yang bebas dalam sitoplasma sel. Diameter  ribosom antara 15-25 nm. Ribosom sering menempel satu sama lain membentuk rantai yang disebut poliribosom atau polisom. Antara unit ribosom yang satu dengan yang lain diikat oleh mRNA (messenger- Ribonucleic acid).
Fungsi utama ribosom adalah dalam sintesis protein. Ribosom kecil (15 nm) terdapat di dalam mitokondria dan kloroplas. Ribosom kecil ini berperan mensintesis protein dalam kedua organel ini, tetapi tidak semua protein dalam kedua organel tersebut merupakan hasil sintesis pada ribosom kecil ini. Sebagian protein tersebut disintesis oleh ribosom pada sitoplasma yang kemudian diangkut ke dalam, baik mitokondria maupun kloroplas. Pada inti sel tidak dijumpai ribosom, sehingga seluruh protein dalam inti diseintesis oleh ribosom sitoplasma.
Selain ribosom, pada sitoplasma sel dapat dijumpai apparatus golgi. Organel ini terdiri dari tumpukan piringan pipih dengan bagian tepi yang keriting menggelembung. Piringan-piringan ini dikelilingi oleh bulatan-bulatan kecil, sehingga membentuk suatu kompleks. Fungsi apparatus golgi ini adalah untuk memunjang perkembangan membrane plasma dan menyediakan bahan penyusun dinding sel.
Sumber:
Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan
Benyamin Lakitan
PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2007

Sumber Gambar:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar. Kami menerima saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan blog ini. Terima kasih