Fotosintesis

Posted by Mega Dewana on Saturday, August 17, 2013

Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan bagi tumbuhan yakni glukosa. Fotosintesis dilakukan dengan menggunakan karbondioksida dengan air dibantu dengan kesediaan cahaya matahari. hampir semua makhluk hidup khususnya tumbuhan bergantung pada proses fotosintesis untuk menghasilkan tenaga. Selain itu fotosintesis uga berperan dalam penyediaan oksigen di muka bumi. Akibatnya proses fotosintesis amat penting bagi kehidupan di muka bumi.
Organisme yang mampu melakukan fotosintesis disebut organisme fotoautotrof (foto: cahaya, autotrof: menghasilkan makanan sendiri). organisme fotoautotrof memiliki ciri umum yakni mempunyai zat hijau daun yang lazim disebut klorofil. Hal ini dikarenakan peran klorofil yang amat penting dalam proses penyerapan cahaya matahari yang sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesis. 
Pada dasarnya rangkaian dari suatu reaksi fotosintesis terdiri dari dua bagian utama yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Disebut reaksi terang karena reaksi ini membutuhka cahaya, begitu pula sebaliknya. Reaksi terang terjadi pada grana sedangkan reaksi gelap terjadi pada stroma. 
Proses fotosintesis dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor tersebut ada yang bersifat mempengaruhi secara langsung ada pula yang tidak langsung. Faktor yang berpengaruh langsung sering disebut faktor pembatas. Faktor pembatas ini antara lain faktor lingkungan seperti ketersediaan cahaya matahari, suhu udara, ketersediaan air dan konsentrasi CO2. Sedangkan faktor yang tidak berpengaruh secara langsung adalah kondisi fisiologis tumbuhan itu sendiri.


Dari berbagai suumber

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. Kami menerima saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan blog ini. Terima kasih