Microcutting

Posted by Mega Dewana on Saturday, December 29, 2012

Microcutting merupakan salah satu pembiakan vegetatif pada bawang merah yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan tunasnya. Dalam pembiakan ini diberikan penambahan berbagai macam zat pengatur tumbuh untuk mendukung pertumbuhan tunas bawang merah. Keberhasilan microcutting pada bawang merah ditandai dengan munculnya tunas dan akar pada potongan umbi bawang merah yang disemaikan.

Zat pengatur tumbuh dibuat agar tanaman memacu pembentukan fitohormon (hormon tumbuhan) yang sudah ada di dalam tanaman atau menggantikan fungsi dan peran hormone bila tanaman kurang dapat memproduksi hormon dengan baik. Hormon mempunyai arti yang sangat penting karena hormone dapat merangsang, membangkitkan atau mendorong timbulnya aktivitas biokimia sehingga fitohormon tanaman dapat didefinisikan sebagai senyawa organic tanaman yang bekerja aktif dalam jumlah sedikit, ditransportasikan ke seluruh bagian tanaman sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan atau proses-proses fisiologi tanaman.

{ 1 comments... read them below or add one }

Muhaimin iqbal said...

Tertarik dengan tulisan-tulisan Anda dibidang Agronomi, kalau Anda punya passion di bidang ini dan ingin mengembangkan lebih jauh - barangkali bisa bersinergi dengan kami. Kami sedang mengembangkan teknik microcutting untuk salah satu project kami.

Iqbal
GeraiDinar Group
www.geraidinar.com

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. Kami menerima saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan blog ini. Terima kasih