PROSES PERKECAMBAHAN BIJI

Posted by Mega Dewana on Saturday, December 29, 2012

PROSES BERKECAMBAHAN FISIOLOGIS
  1. Penyerapan air  : merupakan awal proses perkecambahan, pelunakan biji dan pengembangan biji. Proses penyerapan air adalah proses imbibisi dan osmosis. Oleh sebab itu tidak memerlukan energi.
  2. Pencernaaan : merupakan proses pemecahan senyawa bermolekul besar dan kompleks menjadi senyawa bermolekul kecil dan sederhana yang larut dalam air dan dapat diangkat melalui membran dan dinding sel. Enzim sangat diperlukan dalam proses ini. Fungsi pokok enzim yang terdapat dalam biji adalah merubah pati dan hemiselulosa menjadi gula, lemak menjadi gliserin dan asam lemak, protein menjadi asam-asam amino.
  3. Pengangkutan zat makanan : makanan cadangan yang telah dicerna yang berupa asam amino, asam lemak dan gula diangkut dari daerah jaringan penyimpanan ke titik-titik tumbuh. Pengangkutan secara difusi dan osmosis.
  4. Asimilasi : merupakan tahap akhir dalam penggunaan makanan cadangan dan merupakan suatu proses pembangunan kembali.
  5. Pernapasan : proses perombakan sebagian cadangan makanan menjadi senyawa lebih sederhana seperti CO2 dan H2O dan dibebaskan sejumlah tenaga. Perombakan makanan dimulai dari embryonic  axis, setelah habis baru dimulai perombakan pada cadangan makanan.  Proses pernapasan sewaktu perkecambahan paling aktif dibanding pernapasan yang lain. Lebih-lebih saat radikula menembus kulit biji.
  6. Pertumbuhan  : merupakan proses yang memerlukan tenaga dari hasil pernapasan
PROSES PERKECAMBAHAN MORFOLOGIS
Proses perkecambahan morfologis merupakan tahapan setelah proses pengangkutan makanan dan pernapasan. Perkecambahan morfologis masih meliputi pembelahan dan pemanjangan sel, tetapi lebih dikaitkan dengan pertumbuhan embryonic axis yang dapat dilihat atau diamati dengan mata telanjang yaitu keluarnya radikula dan atau plumula dari kulit biji.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. Kami menerima saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan blog ini. Terima kasih