Respirasi

Posted by Mega Dewana on Monday, August 19, 2013

Respirasi merupakan reaksi oksidasi senyawa organik untuk  menghasilkan energi yang digunakan untuk berbagai aktivitas sel. Energi tersebut tersedia dalam bentuk ATP maupun senyawa berenergi tinggi lainnya. Jadi, secara singkat respirasi adalah proses pembongkaran molekul kompleks menjadi molekul lebih sederhana untuk menghasilkan energi.
Berdasarkan kebutuhan oksigen, respirasi dibagi menjadi dua macam yakni respirasiaerob dan anaerob. Perbedaab paling mendasar adalah respirasi aerob membutuhkan oksigen pada prosesnya, sedangkan respirasi anaerob tidak membutuhkan oksigen, Perbedaan yang lain terletak  pada jumlah energi yang dihasilkan, dimana respirasi aerob menghasilkan energi yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan respirasi anaerob.
Respirasi sel-sel tumbhan berupa oksidasi molekul organik oleh oksigen dari udara akan membentuk gula, karbondioksida, serta air. Beberapa reaksi respirasi yang menghasilkan energi bergabung untuk menghasilkan ATP dan penggabungan inilah yang memungkinkan terjadinya penyimpanan sebagian energi yang dihasilkan saat proses respirasi. Jadi fungsi utama respirasi adalah sebagai penghasil ATP sebagai sumber energi bagi tumbuhan.
 
Dari berbagai sumber

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. Kami menerima saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan blog ini. Terima kasih