ANTOSIANIN

Posted by Mega Dewana on Friday, December 28, 2012

Warna merah pada bunga Canna, warna ungu pada daun Coleus atau daun talas ungu, warna biru pada bunga Telang (Clitorea ternatea L.) disebabkan oleh zat warna yang disebut antosianin.
Zat warna ini terdapat pada air sel vakuola. Biasanya larut di dalamnya. Antosianin tersebut merupakan suatu glikosida. Jika kehilangan gulanya, yang tersisa tinggal antosianidin. Zat ini berwarna merah di lingkungan asam, berwarna biru di lingkungan basa dan berwarna ungu di lingkungan netral.. pembentukan antosianin memerlukan gula seperti halnya pada pembentukan klorofil.
Pada bunga Pelargonium terdapat zat warna merah yang disebut pelargonidin, sedang pada Delphinium dari suku Ranunculaceae terdapat delfinidin.
Tentang fungsi karotin, karotinol dan antosianin belum diketahui dengan jelas. Diduga karotin dan karotinol membantu menangkap cahaya untuk fotosintesis. Fungsi antosianin juga belum diketahui benar. Fakta di lapangan menujukkan bahwa bunga yang tumbuh di tempat dingin lebih banyak menghasilkan antosianin daripada bunga yang di tanam di dataran rendah. Diduga juga antosianin berfungsi sebagai penangkap cahaya seperti pada karotin dan karotinol.
 Sumber:
Pengantar Fisiologi Tumbuhan
Prof. Dr. D. Dwidjoseputro
Gramedia Pustaka Utama

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. Kami menerima saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan blog ini. Terima kasih