FITOKROM

Posted by Mega Dewana on Friday, December 28, 2012

Sebagai hasil penelitian S. B. Hendricks dan H. A Bortwick yang bertahun-yahun lamanya, maka akhirnya pada tahun 1965 diumumkan adanya pigmen berwarna kebiru-biruan yang terdapat di dalam sel tumbuhan. Terutama pada kecambah yang tumbuh di tempat gelap. Pada kecambah yang tumbuh di tempat yang terang pun terdapat pigmen tersebut, akan tetapi tidak sebanyak yang terdapat pada kecambah yang tumbuh di tempat gelap.
Pigmen ini diberi nama fitokrom, dan fitokrom itu ternyata suatu protein. Dapat mengalami denaturasi apabila kena panas, basa, atau asam kuat. Fitokrom berperan dalam penerimaan sinar bergelombang tertentu. Fitokrom dapat diperoleh dari ekstrak kecambah gandum. Kemudian ekstrak ini diuraikan lewat kromatografi, dan akhirnya diperolehlah fitokrom murni.
Fitokrom muncul dalam dua bentuk. Yang satu peka terhadap sinar bergelombang 660 mµ, sedang bentuk yang lain peka terhadap sinar bergelombang 730mµ. Selanjutnya  yang pertama disebut Fitokrom 660 atau F660, dan yang kedua disebut Fitokrom 730 atau F730.
Penyinaran F660 dengan sinar bergelombang 660 mµ mengubah F660 menjadi F730, sedang penyinaran F730 dengan sinar bergelombang 730mµ menyebabkan berubahnya F730 menjadi F660. F730 dalam gelap juga dapat berubah menjadi F660 karena pengaruh suatu enzim.
Fitokrom mempengaruhi atau memacu pertumbuhan bunga pada tumbuhan tertentu. Memacu oertumbuhan buku-buku pada tanaman yang mengalami etiolasi, memacu pembentukan antosianin, dan berpengaruh dalam berbagai gerak organ-organ tumbuhan.
Dalam hubungannya dengan pembungaan, telah diketahui, bahwa penyinaran dengan gelombang 660mµ, menyebabkan terubahnya F660 menjadi F730, dan F730 ini menghambat pertumbuhan bunga tanaman hari pendek. Sebaliknya sinar bergelombang 730mµ mempunyai efek berlawanan, yaitu mengubah F730 menjadi F660, sedang F660 ini mempercepat tumbuhnya bunga pada tanaman hari pendek.
 Sumber:
Pengantar Fisiologi Tumbuhan
Prof. Dr. D. Dwidjoseputro
Gramedia Pustaka Utama

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. Kami menerima saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan blog ini. Terima kasih